• your image alt

    Senyuman Benalu

    Menoleh Kanan Kiri Tak tau arah pasti..Melirik simpang siur..Berharap meraih mujur..Kejujuran direkayasa..Tak ingat lagi perjuangan mencapaai asa..Moral bangsa ambruk!

  • your image alt

    I Love Ayah

    Keajaiban seorang Ayah Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada dirinya, menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantungpada siapapundan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya

  • your image alt

    My "Sweet" Memory

    waktu itu langit cerah. secerah langkah kaki ku bersama bodyguard setia ku upiee fioritura sakaaw.dengan WTD - wajah tanpa dosa.red- kami pulang dengan santai sambil mengayuh mio merah ku menuju ma'had tercinta. tanpa d duga2, ketika melewati gerbang, kita dsambut dengan lolongan pengurus yg tanpa ba bi bu lagi langsung memarahi kami.

Google translate
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wage Rudolf Supratman


Gambar 2. Wage Rudolf Supratman.

Disebuah rumah sederhana di Gang Tengah Salemba, lahirlah lagu Indonesia Raya dari seorang pemuda bernama Wage Rudolf Supratman. Lagu yang direkam oleh Tio Tek Hong ini diperdengarkan pertama kali pada Kongres Pemuda II di Jakarta tahun 1928. Tetapi lagu patriotik ini kemudian dibredel oleh pemerntah Kolonial Belanda. Lirik merdeka lalu diganti dengan mulia supaya agak lunak. Karya W.R Soepratman yang lain adalah sebuah roman yang berjudul Perawan Desa, disita oleh pemerintah Kolonial Belanda. Roman ini berkisah tentang tuan tanah yang menggunakan kekayaannya untuk bersenang-senang dengan gadis-gadis desa yang lugu. Ceritanya dianggap bisa menimbulkan kebencian antar golongan.

Hidup W.R Soepratman memang relatif singkat, namun rentang waktu 34 tahun yang dilaluinya telah menggoreskan namanya sebagai pahlawan. Ia juga dikenal sebagai wartawan dan guru. Ia pernah mengajar di Makasar setelah lulus dari Klein Amtenaar Examen dan sekolah guru Normaal School. Didalam dunia jurnalistik, ia pernah bekerja di Koran Kaoem Moeda, Bandung, lalu menjadi pemimpin redaksi Kaoem Kita dan mendirikan Kantor Berita Alphena bersama P. Harahap, terakhir ia pindah ke Sin Po sebuah Koran Cina Melayu sebagai pembantu lepas.

Nama Rudolf ditengah namanya merupakan pemberian bapak angkatnya, WM van Eldik, suami kakak perempuannya. Namun jiwa patriotiknya tidak luntur dengan statusnya sebagai anak angkat seorang Belanda. Kesadarannya berbangsa makin kuat dengan interaksinya secara intens dalam berbagai rapat pergerakan nasional. Profesinya sebagai wartawan membuat ia dekat dengan tokoh-tokoh politik yang tinggal di gang Kenari. Ketika Agus Salim dalam Fadjar Asia, menyerukan agar para komponis mencipta lagu kebangsaan, ia menyodorkan karyanya, Indonesia Raya. Selain itu ia juga menciptakan sejumlah lagu patrotik seperti R.A Kartini, Bendera Kita, Di Timur Matahari dan Bangunlah Hai Kawan.

Sayang kondisi fisiknya begitu rapuh. Penyakit paru-paru yang dideritanya, memaksanya meninggalkan Batavia menuju Surabaya, pada April 1937. Ia tinggal bersama dengan kakaknya yang telah pindah dari Makasar. Pada tanggal 17 Agustus 1937, tepat delapan tahun sebelum Indonesia merdeka, komponis kebangsaan ini wafat dan dimakamkan di Pwkuburan Kapas Kampung, Kenjeran, Surabaya.***

Read More
Jumat, 29 April 2011 0 komentar

Sejarah-M. Husni Thamrin


Gambar 1. Husni Tamrin.
Muhammad Husni Thamrin dilahirkan pada hari jum’at tanggal 16 Pebruari 1894 di kampung Sawah Besar, Batavia. Ayahnya bernama H. Tabri Thamrin, seorang pegawai pamong praja yang berpangkat Wedana, sedangkan ibunya bernama H. Nurhana. Ayahnya Muhammad Husni Thamrin, yaitu H. Tabri Thamrin adalah anak angkat dari pamannya sendiri yang bernama Muhammad Tabri, seorang pegawai pamong praja dari Kewedanaan Kepulauan Seribu. Tabri Thamrin diambil sebagai anak angkat oleh pamannya sewaktu berusia 10 tahun setelah ayahnya meninggal. Ayahnya bernama Ort seorang pedagang dan pemilik Hotel Ort de Rijwik, Batavia. Semasa hidupnya Ort terkenal sebagai anggota dari tiga sekawan Ort-Schnell-Palmer. Schnell adalah Residen Batavia, sedangkan Palmer Ommelanden, semuanya berkebangsaan Inggris.
Setelah meninggalkan bangku sekolah, Muhammad Husni Thamrin terjun ke dalam lingkungan masyarakatnya. Keinginan ayahnya (Thabri Thamrin) untuk memasukkan anaknya menjadi seorang ambtenaar tetap dipegangnya. Kemudian Muhammad Husni Thamrin dimasukkan ayahnya menjadi magang (calon pegawai) di kantor Kepatihan Batavia. Di situ ia memperlihatkan kerajinan dalam bekerja. Sedikit-sedikit, Muhammad Husni Thamrin berhasil meraih sukses. Ia telah menunjukkan pengabdian yang besar terhadap tugasnya. Akan tetapi ia tidak merasa senang. Hal ini disebabkan cita-cita Muhammad Husni Thamrin bukanlah untuk menjadi ambtenaar sebagaimana yang ditempuh oleh ayahnya. Cita-citanya adalah memperjuangkan nasib rakyat dan mengabdi untuk kepentingan rakyat.

Setelah sekian lama bekerja di Kepatihan Batavia, akhirnya Muhammad Husni Thamrin mengajukan permohonan untuk berhenti.ia kemudian pindah bekerja ke perusahaan pelayaran Belanda Koninklijk Paketvaart Maatschappij (KPM). Di situ ia diserahi pekerjaan sebagai boekhouder (pemegang buku). Selama bekerja di situ Muhammad Husni Thamrin terus mengembangkan dirinya dengan cara belajar secara pribadi dan juga selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitarnya. Satu hal yang mempengaruhi pemikirannya setelah bekerja di KPM adalah saat ia berkenalan dengan Van Der Zee. Ia merupakan seorang sosialis yang cukup terkenal dalam gelanggang politik di Batavia yang juga merupakan anggota Gemeenteraad Batavia.Antara Muhammad Husni Thamrin dan Van Der Zee terjalin hubungan yang dekat. Masing-masing memiliki minat yang sama terhadap masalah kemasyarakatan.

Seiring dengang berjalannya waktu, pergaulan Muhammad Husni Thamrin dengan Van Der Zee semakin menambah wawasan pemikirannya. Pengetahuannya semakin bertambah, terutama dalam bidang sosial dan politik. Di pihak lain Van Der Zee juga memerlukan pemikiran Muhammad Husni Thamrin berkenaan dengan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Betawi. Ketika itu Muhammad Husni Thamrin memang telah menunjukkan minatnya terhadap usaha-usaha perbaikan kehidupan masyarakat Betawi. Ia memperlihatkan keadaan yang menimpa masyarakat sekelilingnya berupa keadaan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sebagainya. Di antara sekian banyak minat usahanya dalam bidang perbaikan kehidupan masyarakat Betawi, yang paling menarik minatnya adalah usaha penanggulangan akibat banjir yang selalu melanda Betawi karena meluapnya sungai Ciliwung. Ia mengatakan uneg-unegnya itu kepada Van Der Zee. Van Der Zee yang duduk sebagai anggota Gemeenteraad, membawa pemikiran sekaligus uneg-uneg Muhammad Husni Thamrin ke dalam sidang Gemeenteraad. Ternyata usahanya itu membuahkan hasil. Gubernur Jendral setuju untuk mengusahakan agar supaya air sungai Ciliwung tidak mendatangkan suatu bencana bagi masyarakat sekitar. Dalam perealisasiannya, Muhammad Husni Thamrin diajak oleh Van Der Zee untuk melihat langsung apa yang telah dicita-citakannya itu.
Kedekatannya dengan Van Der Zee telah menambah pengetahuan sosial dan politiknya. Suatu saat Muhammad Husni Thamrin mendapat kesempatan duduk dalam Gemeenteraad di Batavia. Karir politiknya semakin mantap tatkala ia berhasil duduk dalam Volksraad. Pada era tahun 1930-an ia terjun ke dalam parpol. Ia pernah menjabat sebagai ketua Parindra tahun 1938 dan mengusulkan pembentukan GAPI sebagai sarana perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

Read More
0 komentar

Tugas Sejarah

otFoto Tokoh Gerakan Pemuda dan PKI

gambar di halaman lain.

ket: Gambar 1. Trikoro Dharmo (Jong Java) Gambar 2. Semaun

2. Kolom organisasi- organisasi Pergerakan Nasional

No.

Organisasi

Berdiri (tgl & thn)

Pendiri

Sifat gerakan

Tujuan

1.

Budi utomo

20 Mei 1908

- Dr. Soetomo

- Dr. Wahidin Sudiro Husodo

Terbuka

- Memajukan Hindia-Belanda yang dicapai melalui pendidikan, pertanian, perdagangan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

2.

Sarekat islam

1911

H. Saman Hudi

Merakyat dan terbuka

- Memajukan perdagangan.

- Membantu oara anggota dalam permodalan perdagangan.

- Memperbaiki pendapat yang keliru mengenai islam.

- Memajukan pengajatan dan pendidikan untuk meningkatkan derajat bangsa.

3.

IP (indische partij)

25 Desember 1912

-Douwes Dekker

-Cipto Mangunkusumo

-Suwardi Suryaningrat


Indonesia merdeka

4.

MD( muhammadiyah)

18 November 1912

KH. Ahmad Dahlan


- Menyebarluas-kan ajaran islam sesuai dengna Al-Quran dan Hadits.

-Memajukan pendidikan berlandaskan islam.

- Pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan modern.

- Meningkatkan kesejahteraan hidup umat islam.

5.

PKI

23 Mei 1920

H.J.F.M Sneevliet



6.

Taman siswa

3 Juli 1922

Ki Hajar Dewantara


- Mewujudkan masyarakat yang tertib dan damai.

- Menciptakan suasana kehidupan rumah tangga di sekolah.

- Melaksanakan system pendidikan Indonesia.

- Siswa yang lebih tua membimbing siswa yang lebih muda.

7.

PNI

1927

- Ir. Soekarno

- Mr. Sartono

- Mr. Iskaq Cokroadisuryo


Indonesia Merdeka

8.

Gerakan pemuda ( Trikoro Darmo )

7 Maret 1915

- R. Satiman Wiryosanjoyo

- Sunardi

- Sutomo


- Mempererat tali hubungan antara murid-murid Bumi Putra.

- Menambah pengetahuan umum dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan.

9.

MIAI

September 1937

-KH. Mas Masyur

-KH. Ahmad Dahlan

-KH. Wahab Hasbullah

-Wondo Amiseno


-Mempererat hubungan tali persaudaran antar organisasi

10.

Gerakan wanita

( Putri Merdika )

1912

-R.A. Sabaruddin

-R.A. Sutinah Joyopranoto

- R. Rukmini


- Memberikan bantuan, bimbingan, dan penerangan kepada wanita pribumi dalam menuntut pelajaran dan mengemukakan pendapat di muka umum.

3. 3. PI ( perhimpunan Indonesia ) dianggap gerakan radikal, mengapa?

Karena kegiatan yang dilakukan oleh aktivis PI yang berada di dalam maunpun luar negri, yang salah satunya ikut dalam kongres Liaga Demokrasi Perdamaian Internasional tahun 1926 di Paris. Dalam kongres tersebut, Mohammad Hatta dengan tegas menyatakan tuntutan akan kemerdekaan Indonesia. Demikian pula pendapat-pendapat mereka banyak disampaikan ke tanah air. Aksi-aksi yang dilakukan dalam kongres tersebut menyebabkan Hatta dan kawan-kawan dituduh melakukan pemberontakan terhadap belanda. Dikarenakan juga status anggota PI yang sebagian sebagai mahasiswa membawa posisi mereka tanpa ikatan sosial politik tertentu dan tidak memiliki kepentingan untuk mempertahanlan kedudukan, sehingga mereka tidak khawatir dalam bertindak terang-terangan melawan belanda. Organisasi ini juga membuat lambang untuk Indonesia diantaranya merah putih sebagai bendera. Semenjak berakhirnya PI perasaan anti kolonialis dan imperialis di kalangan pimpinan dan anggota PI semakin menonjol, apalagi setelah ada seruan dari Presiden AS, Woodrow Wilson mengenai hak untuk menetukan nasib bangsa sendiri. Tahun 1925 PI semakin tegas memasuki kancah politik, yang juga didorong juga oleh kebangkitan nasionalisme di Asia-Afrika. Disamping itu, mengusahakan suatu pemerintahan untuk Indonesia, yang bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia semata-mata, dan hal yang demikian itu hanya bias dicapai oleh rakyat Indonesia sendiri tanpa mengharapkan bantuan siapapun dan pada prinsipnya menghindarkan perpecahan demi tercapainya tujuan. Dengan pemikiran yang demikian tegas, wajarlah apabila PI menjadi satu ancaman terhadap kredibilitas pemerintah Belanda dalam menjalankan kolonialismenya di Indonesia.

4. 4. Mengerjakan LKS halaman 29, 30-31, 36 dan 37-40

- Kegiatan Siswa 3.1 ( halaman 29 LKS )

No.

Nama

Penjelasan

1.

Nasionalisme

Paham yang menempatkan kesetian tertinggi individu diserahkan pada negaradan bangsa.

2.

Liberalisme

Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, social, dan pengembangan iptek.

3.

Hakko Ichiu

Ajaran yang mengajarkan agar dunia dibentuk menjadi keluarga besar dan dipimpin oleh jepang.

4.

Swadesi

Gerakan yang mengutamakan pemakaian barang produk rakyat India sendiri dan tidak memakai produk Inggris.

5.

Restorasi Meiji

Pembaharuan jepang yang dilakukan oleh kaisar Meiji.

6.

Hak Ekstrateritorial

Hak kebebasan diplomat terhadap daerah perwakilannya termasuk halaman bangunan serta perlengkapannya, seperti bendera lambang Negara, surat-surat dan dokumen bebas sensor, dalam hal ini polisi dan aparat keamanan tidak boleh masuk tanpa ada izin pihak perwakilan yang bersangkutan.

7.

Kaum Spoy

Tentara inggris yang berasal dari india.

- Uji Kompetensi 3.1 (halaman 30-31 ) LKS

I. 1. B. Ernest Renan

2. C. kebebasan

3. A. pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia

4. E. Montesquieu

5. A. usaha untuk memperbaiki Jepang dengan meniru gaya barat.

6. B. Santini Ketan

7. B. menyelamatkan Turki dari kehancuran

8. A. melawan imperialisme di dunia

9. B. berkembangnya paham kapitalisme

10. C. terjadinya penyerbuan terhadap penjara bastille yang merupakan symbol absolutisme

II. 1. Jelaskan ekstern yang mendorong lahirnya nasionalisme di Asia dan Afrika!

Jawab : - menangnya jepang atas rusia tahun 1904-1905

- Masuknya paham baru seperti Liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.

- Pengaruh ucapan Wodroow Wilson yang mengatakan bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasib sendiri.

2. Apa yang dimaksud dengan paham Liberalisme dan apa latar belakangnya?

Jawab: - Liberalisme adalah Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, social, dan pengembangan iptek.

- Liberalisme munsul karena akibat dari kekuasaan yang absolut.

3. Bagaimana pandangan Adam Smith tentang Libelarisme ?

Jawab: pemerintah seharusnya tidak ikut campur dalam dunia usaha karena justru akan menghambat gairah usaha dari individu.

4. Sebutkan faktor-faktor pendorong lahirnya nasionalisme di India!

Jawab: - penderitaan rakyat india akibat impirealisme inggis muncul kaum intelektual.

- Pertentangan kebudayaan antara india dan inggris

- Diskriminasi dalam pemerintahan

- Pengaruh kemenangan jepang atas rusia

5. Sebutkan pembaharuan yang dilakukan Mustafa kemal pasha !

Jawab: - pembentukan UUD sesuai dengan konstitusi barat.

- Sekulerisasi yaitu kebijakan memisahkan urusan agama dengan kepentingan Negara.

- Huruf arab diganti latin.

- Etatisme yaitu politik perekonomian yang diatur oleh Negara.

- Perkawinan sipil dihapuskandan poligami dilarang .

- Kegiatan Siswa 3.2 ( halaman 36 )

No.

Nama

Peran

1.

Van de Venter

Pendiri Kartini Founds

2.

H. Saman Budi

Pendiri Sarekat Dagang Islam

3.

Douwes dekker

Salah satu pendiri Indische partij

4.

M. Tabrani

Ketua kongres pemuda I

5.

Snevliet

Pengenal ISDV di Indonesia yang akhirnya berubah nama menjadi PKI.

6.

Sugondo Joyopuspito

Ketua kongres pemuda II

7.

H.O.S Cokroaminoto

Pengubah nama Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam

8.

Ki Hajar Dewantara

Pendiri Taman Siswa

9.

Ahmad Dahlan

Pendiri Muhammadiyah

10.

Moh. Husni Thamrin

Ketua GAPI

- Uji Kompetensi 3.2 (halaman 37-38)

I. 1. C. kenangan kajayaan masa lampau.

2. E. merupakan organisasi politik yang pertama di Indonesia.

3. A. organisasi ini pertama kali didirikan oleh Haji Saman Hudi di kota Solo.

4. E. mendirikan pos-pos gerakan anti barat.

5. C. pedagang Indonesia.

6. B. Sarikat Islam bersifat terbuka bagi masyarakat yang mayoritas beragama islam.

7. B. mencapai kemerdekaan Indonesia

8. D. Douwes Dekker

9. A. Wahidin Sudirohusodo

10. D. pemerintah kolonial membatasi ruang gerak dari tokoh-tokoh nasional

II. 1. Jelaskan peran politik etis bagi Pergerakan Nasional Indonesia!

Jawab: politik etis disebut juga “politik balas budi” sehingga politik etis berperan untuk memperbaiki nasib bangsa Indonesia. Politik etis meliputi 3 program. Antara lain: irigasi, emigrasi dan edukasi.

2. Jelaskan latar belakang terjadinya perpecahan dalam tubuh Sarikat Islam!

Jawab: SI mengalami perkembangan yang cepat sehingga pemerintahan Belanda harus mewaspadai setiap gerak-gerik SI dengan mengeluarkan aturan SI harus bercabang-cabang. SI-pun mempunyai kebijakan untuk membuat Central Sarikat Islam. Banyak anggota SI yang merangkap jabatan di organisasi lain. Sehingga memicu konflik internal SI yang beraliran religious-nasionalis ( SI putih) dan komunis ( SI merah)

3. Jelaskan latar belakang berdirinya GAPI!

Jawab: GAPI dibentuk karena petisi Sutarjo yang berisi tuntutan pemberian status dominion bagi Indonesia ditolak oleh Belanda tanpa diperdebatkan dalam parlemen sehingga membuat perasaan tokoh-tokoh pergerakan nasional kecewa.

4. Mengapa Indische Partij dinyatakan sebagai organisasi terlarang?

Jawab: karena organisasi ini dianggap oleh pemerintah kolonial saat itu dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan bergerak dalam sebuah kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.

5.Sebutkan tujuan organisasi keagamaan Muhammadiyah!

Jawab : - Menyebarluas-kan ajaran islam sesuai dengna Al-Quran dan Hadits.

- Memajukan pendidikan berlandaskan islam.

- Pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan modern.

- Meningkatkan kesejahteraan hidup umat islam.

- Ulangan harian 2 ( halaman 38- 40)

I. 1.

2. B. adanya jaminan kebebasan individu

3. C. wujud kesetiaan tertinggi individu yang diserahkan pada Negara dan bangsa.

4. E. bangkitnya harga diri bangsa Asia-Afrika sehingga menimbulkan kesadaran nasional

5. B. menteri pertahanan bertanggung jawab kepada tenno

6.

7. E. adanya penyusupan yang dilakukan oleh orang-orang PKI

8. A. Indische Partij

9. B. Suwardi Suryaningrat

10. B. Perhimpunan Indonesia

11. A. menghimpun dana pelajar bagi anak jawa yang cerdas tapi kekurangan biaya

12. E. merupakan organisasi yang berani menentang kebijakan pemerintahh Hindia Belanda

13. C. 3, 4 dan 1

14. E. Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo

15. E. mayoritas penduduk Indonesia beragama islam

II. 1. Bagian dari politik etis manakah yang paling besar pengaruhnya terhadap lahirnya Pergerakan Nasional? Jelaskan !

Jawab: yang paling berpengaruh bagi masyarakat Indonesia adalah Edukasi.

Karena sejak tahun1900 sudah mulai berdiri sekolah-sekolah untuk “kaum piyayi” maupun “rakyat biasa” yang hampir merata. Karena politik etis ( edukasi )banyak orang-orang pribumi dikirim ke belanda untuk belajar. Dan dari Edukasi pula banyak kaum intelektual yang bermunculan.

2. Jelaskan factor intern dan ekstern yang mendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia!

Jawab: - factor intern: penderitaan akibat imperialisme, muncul golongan terpelajar yang menyadari adanya persamaan nasi.

- Factor ekstern: kemenangan jepang atas rusia tahun 1904-1905; pengaruh pergerakan nasional di asia seperti cina, Filipina dan india; masuknya faham liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.

3. jelaskan upaya yang dilakukan SI untuk membersihkan organisasi dari pengaruh PKI!

Jawab: SI mengadakan Kongres Luar Biasa Central Sarekat Islam. Kongres tersebut membicarakan masalah disiplin partai yang melarang penggandaan rangkap
anggota sebagai anggota partai. Melalui aturan partai tersebut, akhirnya golongan yang berpaham komunis dikeluarkan dari SI.

4. Uraikan mengenai Central Sarikat Islam!

Jawab: SI mengalami perkembangan yang cepat sehingga pemerintahan Belanda harus mewaspadai setiap gerak-gerik SI dengan mengeluarkan aturan SI harus bercabang-cabang. SI-pun mempunyai kebijakan untuk membuat Central Sarikat Islam. Central Sarikat Islam bertujuan untuk membantu Sarekat Islam daerah ke arah kemajuan, dan mengatur kerja sama antar-Sarekat Islam daerah.

5. Jelaskan latar belakang terjadinya perpecahan dalam tubuh PNI!

Read More
Senin, 18 April 2011 2 komentar

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2011-2012 MAN Tambakberas Jombang


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang berada di dalam pengawasan dan pembinaan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

MAN Tambakberas menerima peserta didik baru untuk program :

  1. Kelas Reguler
  2. Kelas Unggulan
  3. Kelas Keterampilan:
  • Keterampilan Otomotif (1 kelas Putra)
  • Keterampilan meubelair (1 kelas Putra)
  • Keterampilan Tatabusana (1 kelas putri)
Waktu & Tempat Pendaftaran,
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 Juni 2011 s/d. 4 Juli 2011
Waktu : Pukul 08.00 – 13.00 WIB
Tempat : Kantor Pusat MAN Tambakberas (PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang) Jl. Merpati Tambakberas Jombang.
Telp.(0321) 862352, 08283481330 Fax. (0321) 855537

Syarat Pendaftaran,
  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Menyerahkan fotocopi ijazah dan SKHUN MTs/SMP yang telah di legalisir sebanyak 2 lembar.
  3. Menunjukkan Ijazah dan SKHUN aslinya.
  4. Menyerahkan fotocopi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) sebanyak 2 lembar.
  5. Menyerahkan pas photo hitam putih 3x4 sebanyak 12 lembar.
  6. Menyerahkan fotocopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar.
  7. Menyerahkan fotocopi prestasi akademik (sertifikat/piagam) bagi yang memiliki, masing-masing 2 lembar.
  8. Membayar biaya pendaftaran Rp 75.000,- .
  9. Menyerahkan fotocopi hasil test IQ, bagi yang memiliki, sebanyak 2 lembar.
Waktu Tes Seleksi
Tes dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Juli 2011 jam 08.00 – 12.00 WIB.

Materi Tes,
Materi yang diujikan:
  1. Kelas Reguler : Tes tulis dan praktik ibadah serta baca Al-Qur’an.
  2. Kelas Unggulan: (1) Ujian Tulis: Matematika, IPA/sains, Bahasa Inggris, dan (2) Ujian Praktik: Praktik Ibadah, Membaca Al-Quran.
  3. Kelas Keterampilan: (1) Ujian Tulis: Pengetahuan Dasar tentang Keterampilan dan (2) Ujian Praktik: Praktik Ibadah, Membaca Al-Qur’an.
Pada saat tes, peserta wajib membawa pencil 2B (koreksi menggunakan scanner).

Pengumuman Hasil Tes,
Pengumuman hasil tes pada hari Rabu, 6 Juli 2011 jam 08.00 WIB

Daftar Ulang,
Bagi calon siswa yang LULUS seleksi harus melaksanakan daftar ulang dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
Pelaksanaan daftar ulang, sejak tanggal 6 – 7 Juli 2011

Masa Orientasi Siswa (MOS)
Pembelakalan siswa baru dilaksanakan pada hari Jum'at, 8 Juli 2011.
MOS dilaksanakan tanggal 9 – 11 Juli 2011

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Dimulai Senin, 11 Juli 2011

Read More
Jumat, 15 April 2011 0 komentar

.Pipit Sayang Ayah.Pipit Sayang Ayah.